Monday, 29 August 2016

MENIMBA ILMU DI ACARA SEMINAR DANCOW PARENTING

Pada tanggal 27 Agustus 2016 lalu, saya menghadiri seminar yang diadakan Dancow Parenting Center di hotel Atria, Malang. Mengangkat tema “Tumbuh Kembang Si Kecil Berawal dari Perlindungan yang Optimal“, seminar ini sukses dipadati oleh pengunjung.

Peserta membludak
    
Meskipun acara ini sebenarnya ditujukan untuk para ibu, tapi saya yang masih single ini, tetap bertekad hadir dengan tujuan menimba ilmu sebanyak-banyaknya. Dan benar saja. Ketika hadir di acara seminar tersebut saya berkali-kali membatin “Ooo” dalam hati. Banyak hal baru yang saya ketahui.

Acara dipandu oleh MC cantik dan terkenal yakni Mbak Shahnaz Haque. Baru saat itu saya melihat wajah Mbak Shahnaz dari dekat. Ternyata cantik sekali dan ramah pula.

Mbak Shahnaz yang ramah dan seru
Sesi pertama acara dibuka oleh psikolog cantik yaitu Bunda Vera Itabiliana Hadiwidjaja, Psi yang merupakan expert untuk Dancow Nutrigold. Beliau menjelaskan bahwa pada usia satu tahun lebih, anak sudah memasuki masa eksplorasi. Biasanya pada masa ini anak akan lebih aktif, banyak bermain, dan banyak bertanya. Untuk menstimulasi pertumbuhan pada masa-masa eksplorasi, diperlukan cinta orangtua yang utuh. Yaitu orangtua memberikan kebutuhan anak, bukan memenuhi keinginan anak. 

Sesi pertama  disampaikan oleh Bunda Vera
Cara mendidik anak supaya fisik dan motorik bisa berkembang adalah anak bisa diajak bermain. Misalnya anak dibawa ke lapangan atau taman, biarkan dia berlarian di sana. Untuk merangsang daya berpikir, berikan tebak-tebakan untuk anak semisal, “Tolong ambilkan susu yang berwarna kuning.” Agar kemampuan bahasa meningkat, ajak anak bermain telepon-teleponan. Untuk melatih emosi, bacakan anak cerita. Supaya sosialisasi anak bagus, carilah teman bermain.

Selain kasih sayang orangtua, perlindungan tumbuh kembang anak juga dipengaruhi oleh nutrisi. Sesi penjelasan nutrisi disampaikan oleh Bunda Sari Sunda Bulan, seorang nutrisionisT. Dalam sesi ini Bunda Sari menjelaskan bahwa 80% daya tahan tubuh tergantung pada saluran cerna. Maka dari itu diperlukan nutrisi untuk perlindungan yaitu dengan memberikan makanan yang baik. Selain makanan yang baik kesehatan saluran cerna juga dipengaruhi oleh bakteri baik dalam saluran pencernaan.

Dalam piramida makanan, Bunda Sari menjelaskan bahwa posisi karbohidrat fungsinya sebagai sumber tenaga. Biasanya anak-anak tidak suka nasi, maka gantilah nasi dengan kentang, ubi, atau sumber karbohidrat lain. Ukuran karbohidrat adalah sekepalan tangan anak.

Anak adalah titipan kata Bunda Sari
 Zat di atas karbohidrat yang berfungsi untuk mendukung kekebalan tubuh adalah protein. Ukuran lauk pauk protein adalah sekotak telapak tangan anak. Semakin naik, urutan piramida makanan diisi oleh sayuran dan buah. Buah sebaiknya diberikan 2-3 kali sehari. Biasanya anak-anak tidak suka sayuran karena agak keras. Salah satu solusinya adalah potonglah sayuran hingga ukurannya kecil, matangkan sampai tidak terlalu susah dikunyah.Berada di puncak piramida teratas, zat yang harus dibatasi pada anak adalah gula, garam, dan minyak. 

Sesi ketiga dari seminar diisi oleh Bunda Rini Sekartini, salah satu dokter yang berpraktik di RSCM. Beliau memaparkan bahwa tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh genetik dan lingkungan. Sementara yang berpengaruh terhadap kecerdasan anak adalah genetik, nutrisi, dan stimulasi. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak, selain diperlukan makanan sehat, juga sebaiknya diberikan susu minimal 500 cc atau 2 gelas per hari. Contoh susu kaya nutrisi sekaligus mengandung bakteri baik adalah Dancow Excelnutri+.

Bunda Rini yang kalem
Cara membuat susu yang benar adalah menggunakan air hangat, yakni air yang sebelumnya sudah dididihkan. Dan apabila menyimpan kotak susu, pastikan alumunium foil atau kantong susu, tidak dibuang. Biarkan masuk ke dalam kotak dan tutup rapat. Tujuannya adalah agar vitamin-vitamin tertentu tidak rusak ketika terkena cahaya.

Bunda Rini menjelaskan bahwa pola makan anak yang sesuai adalah 3 kali sehari ditambah dengan makanan ringan atau snack 3 kali pula dalam sehari. Kebutuhan nutrisi dalam proses tumbuh kembang anak sama pentingnya dengan stimulasi. Jadi pastikan kebutuhan nutrisi si kecil tercukupi.

Seperti Bunda Vera, pada sesi ini Bunda Rini juga menekankan, jangan sekali-kali memberikan gadget pada anak. Anak adalah peniru ulung. Dan gadget, bukan cuma handphone atau tablet. Televisi, juga termasuk gadget.

Nah, setelahs sesi tanya pemaparan dari para ahli selesai, peserta mendapatkan kesempatan untuk bertanya. Banyak tangan-tangan teracung. Dilanjutkan dengan sesi pertanyaan yang diajukan MC untuk mendapatkan doorprize. Kemudian acara ditutup dengan makan siang dan foto bersama.
Foto Bersama

Acara yang berlangsung mulai dari pukul 08 pagi hingga pukul 12 siang ini cukup seru. Selain menambah ilmu, juga menambah kenalan baru. Asyik deh, pokoknya.

Thursday, 25 August 2016

MENIKMATI KULINER TRADISIONAL KHAS MALANG

Ada yang tahu Kitab Mustika Rasa? Kitab tersebut adalah buku warisan Presiden Sukarno yang diterbitkan pada tahun 1967, membahas tentang kuliner tanah air. Menurut sejarah yang saya baca di Kompas.com, Presiden Sukarno dulunya sangat mencintai makanan tanah air. Bahkan ketika berkunjung ke luar negeri pun, beliau membawa juru masak dari tanah air. Hal yang lebih bikin salut lagi adalah, beliau tetap menyuguhkan makanan tradisional tanah air pada tamu-tamu dari luar negeri. Bagi Presiden, makanan tradisional adalah bagian dari budaya, jadi beliau memperkenalkannya pada tamu-tamu dari negara lain. Keren kan? Cinta Indonesia banget. 

Nah berbicara mengenai kuliner tanah air yang kelezatannya mendunia, saya termasuk pecinta kuliner tradisional. Alasan saya sederhana saja. Seenak-enaknya makanan luar negeri, tetap makanan tradisional juaranya. Maklum saya wong kampung.

Pada postingan kali ini saya akan membahas beberapa kuliner tradisional legendaris khas kota Malang. Saya bukan asli Malang, tapi saya pernah kuliah di salah satu universitas di sana. Baiklah, ini dia kuliner tradisional jadul terngehits di kota Malang.

1. BAKSO PRESIDEN
Alamat  : Jl. Batanghari no. 5 Malang 65111
Jam buka: 08-21.30 WIB
Asli enak apalagi kalau agak pesas

Bagi yang suka nonton acara jalan-jalan di televisi, pasti kenal dengan bakso ini. Beberapa stasiun televisi terkenal dan artis sering kemari. Yak, ini dia bakso Presiden, bakso yang jadi ciri khas kota Malang.

Itu dia gorengan-gorengan yang dipajang.


Itu dia daftar menunya.

Saya suka sekali makan di sini karena dari segi kebersihannya terjaga. Ada sertifikat halal juga, jadi nggak khawatir daging baksonya campuran daging non-halal. Terus kuah baksonya bening, nggak keruh, nggak bikin eneg, dan nggak bikin lidah merasakan sensasi seperti makan lemak. Kelebihan bakso Presiden ini adalah, variannya macam-macam. Ada tahu putih, siomay, aneka gorengan yaitu gorengan udang berbentuk bulat, gorengan berbentuk siomay kering, dan gorengan berbentuk lumpia. Saya paling suka gorengan udang. Asli gurih dan lezat banget, apalagi dicocol pakai kecap dan sambal. Ampun deh! Lupa kalau diet! Oya, bagi yang ingin mencoba menikmati bakso dengan cara lain, bisa juga lho pesan bakso bakar. Bakso bakar juga lezat dan bikin ketagihan.

Sensasi seru makan di pinggir rel.

Hal unik lainnya adalah, bakso yang sudah ada sejak tahun 1977 ini, tempatnya terletak di pinggir rel kereta api. Jadi kadang kalau makan bakso sambil bergetar-getar cantik jika ada kereta lewat. Harga bakso per porsi juga murah meriah. Saya pesan seporsi bakso campur pakai lontong sama minum teh botol cuma 17 ribu saja. Asyik kan?

2. HOT CUI MIE MALANG
Alamat : Jl. Kawi no 20-26, Mall Olympic Garden lantai 2, Malang
Jam buka: Pukul 10.00 – 22.00 WIB
 
Ini dia Kedai Hot Cui Mie



Rasanya gurih dan enak banget.
Aduh berbicara kota Malang, selain bakso, pasti ingat mi khas Malang yakni Hot Cui Mie. Ciri khas dari Hot Cui Mie adalah, mie-nya ditaruh di gorengan menyerupai mangkok, dan gorengan mangkok tersebut bisa dimakan. Sedap banget apalagi kalau sudah mulai agak lembek karena kuah.

Ini macam-macam menunya

Perbedaan mie pangsit biasa dengan mie khas Malang yang sudah ada sejak tahun 1970 ini adalah, penyajiannya. Hot Cui Mie menambahkan saos pedas, terus daging ayamnya dikasih tepung, bukan dicincang, jadi terasa kriuk-kriuk gurih. 
Satu hal yang paling berbeda dari segala mie kuah lainnya adalah, tekstur Hot Cui Mie kenyal-kenyal gimana gitu. Enak, pas. Nggak terlalu lembek, nggak terlalu tipis juga.  Dan yang paling saya sukai jika makan di sini adalah... Nggak eneg. 

Penampakan di dalam kedai Hot Cui Mie
Es Leci yang segar sekali
Selain rasa yang mantap surantap dan terjamin halal, harga untuk seporsi Hot Cui Mie murah lho. Saya makan semangkok Hot Cui Mie dan es leci habis 33 ribu saja. Bagi yang sedang travelling ke kota Malang, nggak ada salahnya mampir ke kedai mie khas Malang ini.

3. PIA MANGKOK
Alamat  : Jl. Semeru No. 25 Malang
Jam buka: 08.00 – 20.00 WIB

Penampakan toko Pia Mangkok. Fotonya agak buram karena banyak kendaraan

Plang Toko Oleh-oleh Pia Mangkok

Ini dia, pia favorit saya sepanjang masa


Membicarakan oleh-oleh khas Malang ini dia rajanya. Pia Mangkok. Berdiri sejak tahun 1959, Pia Mangkok makin berjaya dari waktu ke waktu. 

Pia rasa cokelat. Enak sekali.

Ciri khas dari Pia Mangkok adalah kulitnya renyah sekaligus sekali dan isinya lembut. Biasanya Pia Mangkok dijual fresh from the oven. Jadi kalau datang ke toko Pia Mangkok siang-siang kadang suka kehabisan. 

Harga sebungkus Pia Mangkok isi 5 cuma 11 ribu dan yang isi 24 buah adalah 50 ribu saja. Soal rasa, ah! Nggak enak sih. Tapi lezat sekali hehe.
Pia Mangkok berbagai rasa dan ukuran

Nah, karena saya sudah banyak mencicipi kuliner kota Malang, saya punya cita-cita ingin jalan-jalan di kota Bandung. Kenapa Bandung? Sebab Bandung dijuluki Surga Kuliner. Selain itu, cuaca di sana kan mirip-mirip sama Malang. Nggak terlalu terik maksud saya hehe.

Salah satu cara paling cepat dan hemat waktu untuk pergi ke Bandung adalah naik pesawat. Karena tujuan saya ke Bandung cuma buat jalan-jalan sambil makan, saya pilih tiket pesawat yang hemat aja, hunting via Airpaz. Syukur-syukur bisa gratis hehe. 

Jadwal pesawat Surabaya-Bandung


Jika gratis, saya mau pilih Citilink, berangkat dari Surabaya. Biarin berangkat sebelum subuh dari Malang. Biar di Bandung waktunya bisa lebih banyak. Saya pilih Citilink sebab harganya paling murah jadi uang saku saya lumayan berlimpah buat jajan. Ah, semoga impian saya terwujud. Halo, Bandung. Sambut saya di sana ya. Amin!

REFERENSI:
- http://www.airpaz.com/en/, diakses tanggal 23 Agustus 2016, pukul 18.00 WIB

JAGA KECANTIKAN DIRI, JAGA LINGKUNGAN

Jerawatan? Wajah kusam? Itu adalah masalah kulit saya sejak SMA. Kalau cuma kusam masih lumayan lah. Yang membuat tidak percaya diri adalah ...