Wednesday, 8 March 2017

PENGALAMAN SERU MENGERJAKAN BUKU "AYO BERSEMANGAT" DAN "AYO KE SEKOLAH"

Seseorang pernah berkata pada saya. “Kamu tahu nggak, bagiku hidupmu penuh kejutan.” Waktu itu saya cuma senyam-senyum. Eh? Kejutan? Kejutan yang bagaimana dulu nih? Manis atau nohok? Hehehe. Saya pikir semua orang punya momen dapat kejutna yang bikin tertawa, terharu, dan menangis. Sama saja. Cuma mungkin di mata someone ini, hidup saya ajaib dan penuh kejutan. Jadi kenapa dia berkata seperti itu? Begini ceritanya.

Akhir tahun 2015 lalu, saya iseng bikin naskah tentang dongeng bertemakan semangat dan sekolah. Alasan saya waktu itu, simple. Ingin berbagi semangat. Sebab punya semangat itu rezeki banget. Ketika seseorang dalam kondisi minus sekalipun, dia bisa happy kalau punya semangat. Tapi manakala seseorang dalam kondisi surplus sekalipun, dia bisa down untuk hal-hal sepele karena nggak punya semangat. So, bagi saya, semangat itu rezeki. Saya ingin berbagi semangat pada anak-anak melalui cerita, agar anak-anak zaman sekarang memiliki semangat yang berkobar-kobar. Aamiin 3x.

Nah. Pas lagi proses pembuatan buku ini, Bapak saya wafat. Mendadak. Jadi pagi masih bercanda. Malam, udah wafat. Saya shock. Tapi masih waras. Alhamdulillah, nggak heboh nangisnya. Bukan karena saya nggak dekat. Kami deket buanget. Mungkin karena Bapak adalah orangtua kandung terakhir, jadi begitu wafat, saya udah harus mikir ini itu. Kesibukan dan ngurus macam-macam menjadi salah satu hal yang bikin kesedihan itu teralihkan. Bukan hilang mendadak.

Nah, pasca Bapak wafat. Saya sering terkenang kalau lagi nggak ngapa-ngapain. Suatu ketika saya lagi galau berat. Ada hal yang bikin saya stuck dan kalo dipikirin bukannya ada solusi malah bikin bete hahaha. Bete itu bercampur mellow karena kangen orangtua. Bagi yang ngecap saya strong. Keliru besar! Saya pernah merasa down dan dont know what to do. Saya ingat waktu itu, bulan Juli tanggal 1. Karena itu ulang tahun saya. Etapi saya galau bukan karena ultah nggak ada ortu. Ada hal yang harus dikerjakan dan saya nggak bisa.

Malam-malam, saya duduk di sofa. Bete. Galau. Puyeng. Saya membatin. Ya Allah, mohon beri saya kejutan manis dan buatlah saya tersenyum. Trus udah deh, saya mainan Facebook dan Instagram. Random aja mainnya. Di situ saya tahu ada akun Bapak Krishna Murti. Pak Polisi satu ini kan ngehits banget. Apalagi waktu itu kasus racun lagi rame-ramenya.

Jujur, saya senyam-senyum baca status beliau. Lucu. Saya suka baca postingan beliau. Akhirnya, karena kurang kerjaan, saya kepo sama IG beliau. Saya follow deh. Dan keisengan saya berlanjut. Saya screenshot foto beliau di IG, saya ingat waktu itu beliau lagi pakek sarung tangan, candid gitu fotonya. Wajahnya nggak jelas. Beliau lagi di TKP. Saya suka foto itu. Abis saya screenshot, saya post di IG, saya tag beliau. Hahaha, ups!

Saya bilang kurang lebihnya: Saya ngefans sama Pak Polisi ini. Di TV kayaknya galak. Tapi di medsos lucu. Ngarep banget difollback, yah itung-itung sebagai hadiah ulang tahun saya.

Saya melakukan keisengan itu tanpa ngarep apapun. Just for fun aja. Abis itu, udah deh. Saya BBMan sama teman. Tiba-tiba ponsel saya berdenting. Dan saya terperangah. What??? Pak Krishna Murti follow me back betulan. Hahaha. Saya senyam-senyum sampe gigi rasanya mau kering. Ya Allah, terima kasih. Saya kembali tersenyum, untuk hal yang amat sepele.

Sudah deh. Entah kenapa, efek senyum itu dahsyat sekali. Saya merasa keruwetan beberapa menit lalu terurai dan ya, saya merasa baik-baik aja. Masalah yang harus dihandle belum beres tapi ah, biarin. Ada masanya beres, ada masanya ruwet hahaha. Waktu pun berlalu. Bulan berganti. Naskah tentang semangat dan sekolah, udah beres diilustrasi.

Kan ada naskah sebelumnya juga, udah diendorse sama salah satu penulis best seller. Masih proses coloring sekarang. Saya kepikiran. Naskah yang semangat dan sekolah ini, kalau diendorse enaknya sama siapa ya? Saya nggak kepikiran minta tolong Pak Krishna awalnya. Beberapa orang saya hubungi, harus antre superlama. Khawatir bakal keburu dicetak, saya menyerah. Entah apa yang ada di kepala saya, tahu-tahu.. TING!

Hei! Kan di naskah semangat ada kisah polisi. Saya bikin cerita itu karena dulu cita-cita saya jadi polisi. Terus karena saya kecil mungil, saya bikin cerita polisi kecil. Saya ingatlah sama Pak Krishna. Maka dengan level pede kelas wahid, saya iseng DM Pak Krishna. Saya udah prepare. Kalau beliau nggak mau. Its okay. Nggak apa-apa. Beliau kan sibuk berat.

Abis DM, saya mulai sibuk dn kembali berpuyeng-puyeng ria, lupa sama DM. Eh tahu-tahu DM saya dibalas. Dari beliau. Alamak! Saya melotot dibuatnya. Saya minum pun sampai tumpah-tumpah wkwkwk. Beliau bilang “boleh”, yang kalau saya tebak, beliau mungkin ngetiknya juga sama isengnya sama saya. Just “boleh”. Saya tanya lagi, saya minta email buat kirim sinopsis. Nggak dibales. Ya udah saya maklum.

Tapi perasaan saya mengatakan, karena dia bilang “boleh” berarti itu semacam agreement nggak formal. Saya DM lagi. Saya tulis sinopsis cerita via DM. Dengan penutup: Kalau Bapak sibuk dan tidak sempat memberikan endorsment, tidak mengapa. Saya bisa mengerti.

Saya nulisnya dari hati terdalam. Asli saya paham betul kalaupun beliau nggak bisa. Eeeh, dibales. Beliau suka sama cerita saya dan beliau kasih nomor wa. Saya diminta wa beliau. Jreng! Oh man! Surprise banget kan? Begitulah hehehe. Beliau kasih endorse via wa. Aslinya sih berliku-liku. Ada momen pas ditagih, Pak Krishna lagi mumet katanya. Lagi nge-hang. Pokoknya ada aja yang bikin tertunda. Jadi saya bolak-balik kontak beliau. Hingga akhirnya perkara endorsment beres! 

Oya. Pak Krishna ini menurut saya orangnya efisien. Sopan banget. Friendly tapi formal. Momen lucu adalah ketika saya wa nagih endorsment. Beliau semangat nulis endorsment puanjang luebar. Eh eh tapi ada yang janggal. Dia nyebut “karya anak-anak Indonesia.” Saya pun wa balik. Saya bilang, “Bapak, saya bukan anak-anak.” Hiih, lha wong foto saya jelas-jelas bukan anak-anak kok. Saya baper. Di dunia nyata dikira anak sekolahan eh, di wa pun demikian. Terus Pak Krishna bilang, “Oh. Maaf, Mbak.” Eaaa, Pak Krishna. Masa anak-anak punya wa.

Endorser berikutnya adalah Pak Ippho. Saya pilih Pak Ippho karena kan beliau motivator. Kalau Pak Ippho, saya kontak ke managementnya. Sekali wa, langsung reaksi mereka bagus. Apa-apa yang harus disiapkan juga mereka sebutkan. Pak Ippho-nya keliling terus jadi saya berkomunikasi dengan tim management beliau. Kalau ke Pak Ippho, maunya dikirimi naskah lengkap. Jadi naskah saya diliat dulu baru beliau kasih keputusan. Akhirnya beliau berkenan kasih endorsment. Tim management Pak Ippho ramah bangeeet. Helpful juga. Hangat gitu. Ke saya nih kayak kenal lama, ramah. Seneng deh.

Jadi ketagihan minta endorse soalnya banyak hal yang bisa saya pelajari dari orang-orang seperti mereka. Mereka kan sosok-sosok populer ya. Termasuk Pak Ippho juga, meskipun saya berkomunikasi dengan beliau melalui tim managementnya.. Pokoknya ketika berinteraksi sama saya, nggak ada itu gap senior-junior. Baik Pak Krishna maupun tim Pak Ippho, aduh friendly banget. Saya kayak bukan orang asing. Pembawaan mereka pas ngobrol tuh santai banget. Formal tetep. Sopan tetep. Tapi santai banget. Kadang bercanda, kadang memotivasi, pokoknya seru.

Begitulah pengalaman saya berinteraksi dengan Bapak Kombes Pol Krishna Murti dan tim dari Bapak Ippho Santosa.Untung galau ya? Kalo nggak galau, mungkin saya nggak akan kepoin akun Pak Krishna hehehe. Bagi yang ingin tahu kenapa sih, mereka mau endorse buku saya? Ini dia sekilas tentang isi buku “Ayo Bersemangat” dan “Ayo ke Sekolah” .

Judul buku: "Ayo Bersemangat" dan "Ayo ke Sekolah"
Penulis     : Widya Ross
Ilustrator  : Rizqia Sadida, Lisa Olivia, Ika Refita, Herni Nurul, Melani Putri
Harga      : Masing-masing harganya 63 ribu saja
Penerbit   : Bhuana Ilmu Populer
Terbit       : 20 Februari 2017
Halaman : 100 halaman
Cerita       : 10 dongeng

Yuk dapatkan buku ini di toko buku terdekat :).

Cover depan

Cover belakang

Cover depan

Cover belakang

Daftar isi buku "Ayo Bersemangat."

Daftar isi buku "Ayo ke Sekolah."

Salah satu ceritadan ilustrasi dalam buku "Ayo Bersemangat."


Salah satu cerita dan ilustrasi dalam buku "Ayo ke Sekolah"



36 comments:

Bunda Saladin said...

Subhanallah

Speechless mba..

Maaf cuma bisa komen itu

Moga bukunya laris ya

Widya Ross said...

Bunda Saladin: Terima kasih mbak ya 😊. Semoga berlimpah kebaikan juga buat Mbak 😊

Anisa Ae said...

Sesuatu banget ya bisa dapat endors dari beliau-beliau itu.

Widya Ross said...

Anisa Ae: Alhamdulillah seru banget mbak 😊

Lita Lestianti said...

Huwahhh pengen bisa jadi penulisss ky mb widya ross.. hosh hosh.. #pompasemangat keren idenya mbaa

ivonie zahra said...

Wuih cerita pengalamannya seru mbak. Wah, keren lho bukunya bisa di kasih endorse sama orang pebting macam Pak Krishna dan tim Ippo Santosa.
Semoga bukunya laris manis ya, Insya Allah ntr ada rezeki tak cari buku e. Aiman suka cerita dgn karakter hewan hehehe

Nikmatus Solikha said...

Kewren banget mbak buku-bukunya :)

retno said...

kereeen sekali...punya buku sendiri dulu cita-citaku, apalah daya sekarang nyasar di blog... nulis cerita anak itu susah ...aku dulu sering ditolak sama koran dan majalah wkwkwk

Widya Ross said...

Lita Lestianti: Hayoo semangat. Silakan kalo ada yg mau ditanyakan ya mbak 😊. Contact me 😊

Widya Ross said...

Ivonie Zahra: Aamiin 3x. Makasih ya mbak doanya 😊. Semoga berlimpah kebaikan buat mbak Ivonie ya 😊

Widya Ross said...

Nikmatus Solikha: You too keren juga mbak 😊. Makasih ya..

Widya Ross said...

Retno: Gpp, mbak Ret 😊.Yang penting yg ditulis bermanfaat. Sukses ya buat mbak Retno 😊

Tika Desi said...

Waaa aku mau Buku Ayo ke sekolahnya. Anakku belum berminat Sekolah nih, sapa tau mau kalo udah baca Buku Mb Widya. Masih ada di tobuk mbak?

Widya Ross said...

Tika Desi: Baru rilis mbak 😊. Ada di toko buku 😊

Fauziah Rachmawati said...

wah..lay outnya keren mba..semoga laris manis.. 😉

Eni Rahayu said...

bisa tidur gak mbak setelah dapat balasan DM dari pak krisna? hehehe... Kalau saya langsung melek semalam tuh, wkwkwkw.... cuss ke toko buku ah.... semoga masih ada

morariz said...

Wow! Saya suka saya suka
Kapan yaaaa ngikutin jejak mbak widya ross buat nulis buku yang kereeeeen....

Widya Ross said...

Fauziah Rachmawati: makasih, Mbak Fauziah 😊. Sukses buat mbak Fauziah yaaa 😊

Widya Ross said...

Eni Rahayu: Bisa tidur kok, Mbak hehehe. Sambil senyam-senyum gitu wkwkwk.

Widya Ross said...

Morariz: Haiii, Mbak 😊. Lama ggak bersua lagi ya 😄

RF.Dhonna said...

Mantap surantap!

Widya Ross said...

Rf. Dhonna: ah mbak situ juga mantap surantap 😄

Rara Muhammad said...

semangat itu rezeki, suka sekali dengan kata2 ini. keren mbak. semoga bisa mengikuti jejaknya menulis buku :)

Widya Ross said...

Rara Muhammad: Aamiin 😊. Semoga niat mbak Rara terealisasi ya 😊

Leeya said...

Kereen mbak, pengen belajr juga :-)

Widya Ross said...

Leeya: saya juga masih belajar 😊

Maria Soraya said...

beuhhh bayangin proses endorsment dari pak polisi yg nge-heitsss ituh, seru plus terharu :) semoga laris manis tanjung kimpuuuul mbak widya

Widya Ross said...

Maria Soraya: Aamiin 3x. Terima kasih, Mbak Maria 😊. Semoga kebaikan juga terlimpah padamu yaaa..

arinda said...

Selalu ada kisah seru dlm menulis buku y nbak.
Kl.sy suka kepoin.ig pak ridwan kamil.hehe. lucu2 postingannya. Siapa tahu besok kl jd penulis beneran, bs kasih endorse jg aamiin
Salam kenal.mb wid

Tanti Amelia said...

Wiiiiddddd... hadoh, dirimu emang super badaaai

Widya Ross said...

Arinda: Haiii salam kenal juga 😊. Semoga tercapai yg diharapka yaa. Yuk semangat nulisnya 😊

Widya Ross said...

Tanti Amelia: Badai apa mbak? Badai katrina? 😂😂😂. Iss Mbak Tan jugaaak. Sukses selalu yes 😊

Dian Novandra said...

Ya Allah, ini pasti rasanya nano-nano. Warbiyasah yaa Mak hihihih .... Sukses Makk Wid :* :*

Widya Ross said...

Dian Novandra: makasih mbak Dian 😊

Ika Maya Susanti said...

Hihihi... keren Mbak behind story berburu endorsnya. Emang apa-apa itu mesti dicoba dulu yo Mbak. Urusan dapet nggaknya mah belakangan...

Widya Ross said...

Ika: kalo aku sih, nyoba dulu itu wajib 😄. Aslinya sih endorse gak terlalu ngaruh. Cuma aku seneng aja bisa berkomunikasi sama mereka hehehe

Post a Comment

REVIEW LIPSTIK: POPPY DHARSONO LIQUEFIED MATTE LIP COLOR

Zaman sekarang yang namanya lipstik banyak sekali macamnya. Cuma saat ini yang lagi ngehits adalah lipstik matte yang kesat dan tahan berja...