Thursday, 25 August 2016

MENIKMATI KULINER TRADISIONAL KHAS MALANG

Ada yang tahu Kitab Mustika Rasa? Kitab tersebut adalah buku warisan Presiden Sukarno yang diterbitkan pada tahun 1967, membahas tentang kuliner tanah air. Menurut sejarah yang saya baca di Kompas.com, Presiden Sukarno dulunya sangat mencintai makanan tanah air. Bahkan ketika berkunjung ke luar negeri pun, beliau membawa juru masak dari tanah air. Hal yang lebih bikin salut lagi adalah, beliau tetap menyuguhkan makanan tradisional tanah air pada tamu-tamu dari luar negeri. Bagi Presiden, makanan tradisional adalah bagian dari budaya, jadi beliau memperkenalkannya pada tamu-tamu dari negara lain. Keren kan? Cinta Indonesia banget. 

Nah berbicara mengenai kuliner tanah air yang kelezatannya mendunia, saya termasuk pecinta kuliner tradisional. Alasan saya sederhana saja. Seenak-enaknya makanan luar negeri, tetap makanan tradisional juaranya. Maklum saya wong kampung.

Pada postingan kali ini saya akan membahas beberapa kuliner tradisional legendaris khas kota Malang. Saya bukan asli Malang, tapi saya pernah kuliah di salah satu universitas di sana. Baiklah, ini dia kuliner tradisional jadul terngehits di kota Malang.

1. BAKSO PRESIDEN
Alamat  : Jl. Batanghari no. 5 Malang 65111
Jam buka: 08-21.30 WIB
Asli enak apalagi kalau agak pesas

Bagi yang suka nonton acara jalan-jalan di televisi, pasti kenal dengan bakso ini. Beberapa stasiun televisi terkenal dan artis sering kemari. Yak, ini dia bakso Presiden, bakso yang jadi ciri khas kota Malang.

Itu dia gorengan-gorengan yang dipajang.


Itu dia daftar menunya.

Saya suka sekali makan di sini karena dari segi kebersihannya terjaga. Ada sertifikat halal juga, jadi nggak khawatir daging baksonya campuran daging non-halal. Terus kuah baksonya bening, nggak keruh, nggak bikin eneg, dan nggak bikin lidah merasakan sensasi seperti makan lemak. Kelebihan bakso Presiden ini adalah, variannya macam-macam. Ada tahu putih, siomay, aneka gorengan yaitu gorengan udang berbentuk bulat, gorengan berbentuk siomay kering, dan gorengan berbentuk lumpia. Saya paling suka gorengan udang. Asli gurih dan lezat banget, apalagi dicocol pakai kecap dan sambal. Ampun deh! Lupa kalau diet! Oya, bagi yang ingin mencoba menikmati bakso dengan cara lain, bisa juga lho pesan bakso bakar. Bakso bakar juga lezat dan bikin ketagihan.

Sensasi seru makan di pinggir rel.

Hal unik lainnya adalah, bakso yang sudah ada sejak tahun 1977 ini, tempatnya terletak di pinggir rel kereta api. Jadi kadang kalau makan bakso sambil bergetar-getar cantik jika ada kereta lewat. Harga bakso per porsi juga murah meriah. Saya pesan seporsi bakso campur pakai lontong sama minum teh botol cuma 17 ribu saja. Asyik kan?

2. HOT CUI MIE MALANG
Alamat : Jl. Kawi no 20-26, Mall Olympic Garden lantai 2, Malang
Jam buka: Pukul 10.00 – 22.00 WIB
 
Ini dia Kedai Hot Cui Mie



Rasanya gurih dan enak banget.
Aduh berbicara kota Malang, selain bakso, pasti ingat mi khas Malang yakni Hot Cui Mie. Ciri khas dari Hot Cui Mie adalah, mie-nya ditaruh di gorengan menyerupai mangkok, dan gorengan mangkok tersebut bisa dimakan. Sedap banget apalagi kalau sudah mulai agak lembek karena kuah.

Ini macam-macam menunya

Perbedaan mie pangsit biasa dengan mie khas Malang yang sudah ada sejak tahun 1970 ini adalah, penyajiannya. Hot Cui Mie menambahkan saos pedas, terus daging ayamnya dikasih tepung, bukan dicincang, jadi terasa kriuk-kriuk gurih. 
Satu hal yang paling berbeda dari segala mie kuah lainnya adalah, tekstur Hot Cui Mie kenyal-kenyal gimana gitu. Enak, pas. Nggak terlalu lembek, nggak terlalu tipis juga.  Dan yang paling saya sukai jika makan di sini adalah... Nggak eneg. 

Penampakan di dalam kedai Hot Cui Mie
Es Leci yang segar sekali
Selain rasa yang mantap surantap dan terjamin halal, harga untuk seporsi Hot Cui Mie murah lho. Saya makan semangkok Hot Cui Mie dan es leci habis 33 ribu saja. Bagi yang sedang travelling ke kota Malang, nggak ada salahnya mampir ke kedai mie khas Malang ini.

3. PIA MANGKOK
Alamat  : Jl. Semeru No. 25 Malang
Jam buka: 08.00 – 20.00 WIB

Penampakan toko Pia Mangkok. Fotonya agak buram karena banyak kendaraan

Plang Toko Oleh-oleh Pia Mangkok

Ini dia, pia favorit saya sepanjang masa


Membicarakan oleh-oleh khas Malang ini dia rajanya. Pia Mangkok. Berdiri sejak tahun 1959, Pia Mangkok makin berjaya dari waktu ke waktu. 

Pia rasa cokelat. Enak sekali.

Ciri khas dari Pia Mangkok adalah kulitnya renyah sekaligus sekali dan isinya lembut. Biasanya Pia Mangkok dijual fresh from the oven. Jadi kalau datang ke toko Pia Mangkok siang-siang kadang suka kehabisan. 

Harga sebungkus Pia Mangkok isi 5 cuma 11 ribu dan yang isi 24 buah adalah 50 ribu saja. Soal rasa, ah! Nggak enak sih. Tapi lezat sekali hehe.
Pia Mangkok berbagai rasa dan ukuran

Nah, karena saya sudah banyak mencicipi kuliner kota Malang, saya punya cita-cita ingin jalan-jalan di kota Bandung. Kenapa Bandung? Sebab Bandung dijuluki Surga Kuliner. Selain itu, cuaca di sana kan mirip-mirip sama Malang. Nggak terlalu terik maksud saya hehe.

Salah satu cara paling cepat dan hemat waktu untuk pergi ke Bandung adalah naik pesawat. Karena tujuan saya ke Bandung cuma buat jalan-jalan sambil makan, saya pilih tiket pesawat yang hemat aja, hunting via Airpaz. Syukur-syukur bisa gratis hehe. 

Jadwal pesawat Surabaya-Bandung


Jika gratis, saya mau pilih Citilink, berangkat dari Surabaya. Biarin berangkat sebelum subuh dari Malang. Biar di Bandung waktunya bisa lebih banyak. Saya pilih Citilink sebab harganya paling murah jadi uang saku saya lumayan berlimpah buat jajan. Ah, semoga impian saya terwujud. Halo, Bandung. Sambut saya di sana ya. Amin!

REFERENSI:
- http://www.airpaz.com/en/, diakses tanggal 23 Agustus 2016, pukul 18.00 WIB

2 comments:

Cindy Claudia Yunefi said...

Tulisan menarik. Terimakasih atas partisipasinya dalam lomba blog Airpaz. Semoga menang dapat tiket pesawat gratis dari Airpaz yah :)

Airpaz
http://blog.airpaz.com/id/

Widya Ross said...

Cindy: Aamiin... Trims ya :)

Post a Comment

REVIEW LIPSTIK: POPPY DHARSONO LIQUEFIED MATTE LIP COLOR

Zaman sekarang yang namanya lipstik banyak sekali macamnya. Cuma saat ini yang lagi ngehits adalah lipstik matte yang kesat dan tahan berja...