Tuesday, 22 December 2015

TUMIS CUMI BUMBU HITAM SIMPLE

Ini, enak sekali. (Foto: Widya Ross)

Siapa suka makan cumi-cumi? Nah, keluarga saya itu suka banget sama cumi-cumi yang dimasak bumbu hitam. Berikut saya tulis resep gampang tapi nendang ala saya. Bumbunya kira-kira ya. Saya nggak nakar hehe.

Bahan:
- Cumi-cumi (saya pilih yang nggak terlalu besar)

Bumbu:
- Bawang merah
- Bawang putih
- Cabe merah besar
- Cabe rawit sesuai selera
- Merica bubuk
- Laos digeprek
- Jahe digeprek
- Gula
- Garam
- Minyak untuk menumis
- Air secukupnya
Cara:
- Cuci bersih cumi-cumi

- Haluskan: bawang merah, cabe merah besar, cabe rawit. Saya menghaluskan dengan blender. Bagi yang menghaluskan dengan blender dan ingin bumbu betul-betul halus, tambahkan minyak goreng. Kalau saya tanpa minyak goreng dan bumbunya masih kasar.

- Tumis bumbu halus sampai betul-betul wangi. Geprek bawang putih, cincang, tumis. Tambahkan laos dan jahe. Bawang putih digeprek dan dicincang sesaat sebelum ditumis agar lebih sedap dan aromanya tidak hilang.

- Setelah wangi, masukkan cumi-cumi. Aduk-aduk. Tambahkan air. Agar tidak liat, sebaiknya memasak cumi-cumi kurang dari 3 menit. Kalau ingin lama, sekalian lebih dari 30 menit. Saya coba 3 menit kuah belum hitam, jadi saya masak sampai 30 menit dengan api kecil.

- Setelah nyaris 30 menit, tambahkan gula, garam, merica bubuk. Terus saya besarkan apinya. Masak hingga mendidih.

- Angkat, sajikan.



Rasanya? Mmmm... Lezat zat zat!

No comments:

Post a Comment

REVIEW LIPSTIK: POPPY DHARSONO LIQUEFIED MATTE LIP COLOR

Zaman sekarang yang namanya lipstik banyak sekali macamnya. Cuma saat ini yang lagi ngehits adalah lipstik matte yang kesat dan tahan berja...