Wednesday, 23 December 2015

RESEP SOSIS SOLO SIMPLE TAPI YUMMY

Sosis Solo (Foto: Widya Ross)
Siapa suka makan Sosis Solo? Aku suka. Tapi kalo beli atau dikasih :P. Kalo bikin sendiri males. Soalnya pas cek di resep kok bumbunya ribet. Pakek santen segala.

Beruntung waktu main ke rumah Bu Lik alias Tante, aku dikasih tau resep andalan beliau. Eh, ternyata guampang lho. Bahannya nggak pakek takaran ya.

Ini dia. 

SOSIS SOLO SIMPLE

Bahan isi: 
- dada ayam .Kukus, haluskan. Diuleg kalo aku.
- bawang bombay
- bawang putih 
- merica bubuk
- sedikit pala bubuk. Kalo aku diparut.
- gula
- garam
- minyak goreng buat numis

Kulit:
- tepung terigu
- air sesuai kekentalan
- telur (makin banyak makin enak, katanya)

Cara membuat:

Isi:

- Panaskan minyak dengan api besar. Tumis bawang bombay yang sudah dicincang. 
- Geprek bawang putih, cincang, tumis.
- Masukkan ayam, tumis sampai matang.
- Masukkan gula, garam, merica, pala bubuk.
- Setelah rasa pas, sisihkan. 

Kulit:
- Campur semua bahan, aduk rata.
- Dadar di wajan teflon yang sudah dioles margarin sebelumnya.
- Masukkan  isi ke dalam kulit, lipat seperti amplop. Lakukan hingga semua adonan habis.
- Celupkan ke dalam kocokan telur yang sudah dicampur sedikit air, merica bubuk, dan garam.
- Goreng hingga kecoklatan.
- Sajikan.

Enak lho hujan-hujan bikin ini. Biasanya bikinnya aku cicil. Bikin isi dulu, entah besoknya, baru bikin kulit dan digoreng. Tapi kadang nggak aku goreng semua. Aku taruh di freezer biar bisa digoreng sewaktu-waktu.

2 comments:

zata ligouw said...

wahh aku suka resep yang simple2 nih mba, soalnya nggak bisa masak, hehehe..

makasih ya resepnya, mau nyoba bikin besok :)

Widya Ross said...

Zata Ligouw: Sama juga saya newbie dalam memasak. Makasih udah mampir kemari :)

Post a Comment

REVIEW LIPSTIK: POPPY DHARSONO LIQUEFIED MATTE LIP COLOR

Zaman sekarang yang namanya lipstik banyak sekali macamnya. Cuma saat ini yang lagi ngehits adalah lipstik matte yang kesat dan tahan berja...