Thursday, 17 September 2015

4 RESOLUSI UNTUK KESEHATANKU




Menjadi penulis freelance memang enak. Enggak perlu ribet pakai make up. Enggak usah susah payah pilih-pilih baju buat ngantor. Pakai daster aja udah cukup. 
 
Namun dibalik kesan santai seorang freelancer, tersimpan kesibukan yang nyaris sama dengan pekerja kantoran. Harus belajar cara nulis naskah yang enak dibaca. Apalagi kalau punya beberapa hutang ke penerbit. Ngetik pagi-pagi bisa selesai sore bahkan malam. Belum lagi kalau harus hunting referensi.

Nah, keasyikan menulis terkadang bikin saya lupa diri. Kadang nyaris seharian, sampe sore, sampe malam malahan, berkutat di depan laptop. Padahal kebanyakan duduk kurang baik kan, buat kesehatan.

Maka dari itulah saya punya resolusi harian yang berguna bagi kesehatan. Ini dia.

1. Membuat to do list.
Emang enggak ada hubungannya sih ya, to do list sama kesehatan. Dulu saya suka meremehkan orang-orang yang nge-list aktivitas mereka. Menurut saya terlalu “gaya”. Kan bukan kerja di kantor. 

Setelah saya coba malah ketagihan. Membuat to do list membuat saya jadi bekerja secara terstruktur. Enggak serabutan. Tahu mana target yang harus didahulukan. Jadinya pekerjaan cepet beres dan enggak bikin pusing. Enggak stres dong jadinya :D. Stres kan enggak bagus untuk kesehatan.

2. Banyak minum
Kalau sudah keasyikan kerja ya, biasanya suka lupa diri. Termasuk lupa minum. Pernah saya kurang minum. Alhasil saya jadi langganan kena radang tenggorokan. Yang namanya ke dokter, udah bolak-balik. Dokter nyaranin, “Banyak minum.”

Dulu saya males minum karena bikin pipisan. Sekarang sih berusaha maksain diri minum 2 liter sehari. Enggak masalah deh pipisan. Daripada sakit. Kalau sakit kan enggak bisa kerja. Ya enggak sih?

3. Olahraga
Ini dia yang paling susah diterapkan sampai sekarang. Kalau lagi mood, saya olahraga ringan. Saya sukanya tuh jalan kaki. Kalau ada senam massal di sekitar kos ya ikutan senam. Tapi kalau lagi banyak yang dikerjain, niat olahraga lenyap bersama kabut pagi :D.

Padahal olahraga itu bikin enak tidur. Jadi enggak insomnia. Jadi jarang kena flu pula. Ke badan jadi seger dan enggak mudah capek. Kalo freelancer seperti saya sebetulnya harus meluangkan waktu untuk olahraga. Karena kebanyakan duduk. Kebanyakan duduk alias kurang gerak enggak baik toh bagi tubuh? Yang mau kena infeksi saluran kemih lah. Ambeien lah. Duh, pokoknya ada aja. 
 
Semoga ke depannya saya bisa rajin berolahraga. Amin amin amin...

4. Banyak makan buah dan sayur
Nah, kalo ini sih Insya Allah sudah saya terapkan. Saya suka makan sepiring buah kalau pagi. Pokoknya saya usahakan menu saya mengandung banyak sayur dan buah. Kenapa begitu?

Gini. Dulu saya gembul. Udah pendek, gemuk pula. Lalu saya ubah menu makan saya. Perbanyak sayur dan buah. Eh, turun deh bobot tubuh sedikit demi sedikit. Efek lain dari rajin makan buah dan sayur adalah, kalau saya menstruasi, perut udah enggak nyeri seperti dulu. Kalau dulu jangan ditanya. Setiap menstruasi saya seperti mau semaput hehe. Perut sakit dan muntah-muntah.

Begitulah resolusi simple harian saya. Semoga resolusi yang masih bolong-bolong bisa terlaksana secara rutin dan jadi habit.

Kegiatan menulis memang seru abis. Tapi yah, kesehatan tetap nomor satu. Nikmat sehat adalah rezeki tak ternilai kan?

No comments:

Post a Comment

REVIEW LIPSTIK: POPPY DHARSONO LIQUEFIED MATTE LIP COLOR

Zaman sekarang yang namanya lipstik banyak sekali macamnya. Cuma saat ini yang lagi ngehits adalah lipstik matte yang kesat dan tahan berja...