Thursday, 9 April 2015

HOBI SHOPPING ONLINE? SHOPIOUS TUJUANNYA.

SAYA DAN BELANJA ONLINE

Belanja online? Saya tipe orang yang ragu alias kurang sreg kalau belanja online. Apalagi masalah baju. Teman saya, sebut saja Ling Ling, pernah beli pashmina via online shop, hasilnya nggak seperti yang terpajang di gambar. Motifnya beda. Ling Ling juga mengalami kekecewaan pas beli dress. Di gambar hitam, setelah barang datang ternyata warnanya biru tua. 
Teman saya yang lain, sebut saja Dewi, juga shock begitu gamis yang ia beli online ternyata sama sekali nggak sesuai harapan. Kerudungnya pendek, sementara di gambar berukuran panjang.
Satu-satunya barang yang pernah saya beli secara online adalah tas. Penjualnya berada di Bali. Alhamdulillah, barang yang saya terima sesuai. Ini dia tas yang saya beli. Lucu kan? :P





KELEBIHAN BELANJA ONLINE

Meskipun belanja online rawan penipuan, nyatanya toko-toko online makin booming. Di instagram apalagi. Mulai dari pakaian, aksesoris, sepatu, tas, pakaian muslim, maupun makanan. Sepertinya minat konsumen juga tinggi ya, untuk belanja online. Nggak heran juga. Sebab berbelanja online juga memiliki kelebihan, yaitu:

1. Nggak perlu ongkos jalan.
Apalagi sekarang BBM naik. Ongkos transportasi juga otomatis naik. Kalau belanja online kita nggak usah bingung. Cukup pakek internet saja. Jadi irit ongkos deh :D.

2. Nggak usah capek-capek keliling buat hunting.
Kebiasaan kan ya, kalo mau beli baju, walau cuma satu, suka keliling keluar masuk toko. Pulang-pulang kaki pegel deh hihi. Kalo belanja online, kecapekan semacam ini nggak berlaku, Bro/Sis :)

3. Cocok bagi tipe manusia supersibuk karena bisa hemat waktu
Karena belanja itu butuh waktu yang nggak sedikit, makan belanja online sangat cocok buat manusia yang banyak aktivitas. Beli baju kerja tinggal klik sana-sini. Liatnya sambil duduk di kendaraan, misalnya. Nggak pakek buang-buang waktu. Asik kan?

4. Bisa belanja kapan aja
Mau hunting tengah malam kek, dini hari kek, toko online tetep buka. Jadi bisa belanja 24 jam penuh.

5. Nggak perlu berjubel terlebih saat momen diskon besar-besaran
Ini nih yang bikin pusing. Biasanya saat banyak diskonan, mall jadi penuh. Berdesak-desakan deh. Bau keringat. Rawan copet. Haissh! Dapat barang juga belum tentu. Kalo belanja online, cukup duduk anteng dengan tenang.

SHOPIOUS
Nah. Ngomongin masalah shopping-shopping online, ada web perbelanjaan baru lho. Saya juga baru tau hihi. Namanya Shopious. Psst, by the way, namanya lucu ya. Chic gitu. Ingat Shopious, saya jadi ingat buku Shopaholic series karya Sophie Kinsella hehe. Yang belum kenal Shopious yuk lanjut baca tulisan ini.

A. APA ITU SHOPIOUS?
Foto diambil dari halaman: www.Shopious.com

Shopious adalah sebuah website yang memuat aneka toko online berdasarkan beberapa kategori. 
Foto diambil dari www.Shopious.com

Jadi lebih simplenya, Shopious adalah mall-nya toko-toko online. 

Misi utama Shopious adalah membantu promosi toko-toko online yang ada di Indonesia. Kan biasanya toko online promosinya di Instagram ya, tapi sayangnya nggak semua konsumen punya Instagram. Kalaupun punya Instagram, tetep bingung juga karena harus milih-milih di antara sekian banyak hashtag. Kuota tersedot pula.

Untuk lebih jelas perihal Shopious, bisa cek video di bawah ini. Kisah dua perempuan bernama Syopi dan Ious. Lucu deh.



B. KELEBIHAN SHOPIUS

Bagi pembelanja online Shopious punya kelebihan yakni:
1. Toko online sudah diseleksi ketat bahkan direview sebelum masuk Shopious, jadi nggak usah khawatir bakal tertipu.
2. Barang lebih variatif sekaligus berkualitas.
3. Ada filter harga yang bisa disesuaikan dengan kocek kita. Jadi kita mau range barang berharga berapa? Tinggal klik saja.

Foto diambil dari www.Shopious.com


Bagi Pemilik toko online, Shopious juga memberikan keuntungan yaitu memperluas pangsa pasar. Ingat, nggak semua orang pakek Instagram. Jika pemilik toko online sudah masuk Shopious, dan pemilik toko posting produk di Instagram, secara otomatis akan terpajang juga di web Shopious. Nah, kalo udah terpampang di Shopious, siapa aja bisa liat deh. Bisa beli juga :).

BARANG YANG SAYA INGINKAN
Kalau jalan-jalan ke mal Shopious, saya ingin rok di bawah ini. 
Foto diambil dari web www.Shopious.com


Saya mau produk tersebut karena dua alasan (ciee sok serius nih ceritanya).

Pertama, karena saya cuma punya rok satu. Iya, satu aja. Saya emang nyaris nggak pernah beli rok karena males nyoba-nyobanya. Dari sekian banyak rok yang saya coba, cuma satu dua yang pas di badan saya. Maklum, postur saya imut. Tinggi saya 149 senti hihi. Kecil ya? Alhamdulillah :D.

Kedua, saya ingin mengoleksi rok panjang biar pakaian saya lebih sopan. Saya berhijab, tapi masih pakek jeans. Gak ketat sih plus atasan saya juga panjang. Namanya berproses, saya ingin penampilan saya lebih syar’i, walaupun jauh sekali dari sempurna.

Ini dia rok yang saya idamkan. Lucu kan? Saya pilih yang warna Pale Blue. Kan saya suka biru. Kenapa? Sebab langit berwarna biru *halaah

Nanti kalau kepanjangan akan saya bawa ke penjahit, minta dipotong sedikit, atau gimana caranya deh, biar pas di badan. Tapi semoga saja nggak usah susah payah ke penjahit ya, Aamiin. Atasannya akan saya padu dengan kardigan polos, atau kemeja yang dimasukkan, plus hijab yang panjang. 

Kayaknya match deh hihi. Jadi, semoga saya bisa dapet rok dari Shopious ini, Aamiin :).

SARAN UNTUK SHOPIOUS
Setelah ubek-ubek Shopious, saya terkesan dengan kerapian dan kedetailan web ini. Selain ada range harga, pembeli juga bisa search kota dan propinsi toko yang akan dibeli. Kan lumayan bisa irit ongkos kirim ya nggak sih? 

Hanya saja, menurut saya ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan.

1. Dalam daftar produk, tombol hati semuanya nol. Padahal rating bisa membantu Shopious memahami selera belanja pembeli kan? Nah, saran saya adalah, mungkin Shopious bisa ngadain undian/kuis/kontes bagi pemberi rating. Hadiahnya bisa sepele, bisa juga lumayan hehe. Galakkan kuis/undian/kontes secara periodik di Twitter. Jangan lupa, sebelum ngadain, Shopious sebaiknya tau dulu, hadiah apa yang suka diincar para pengguna internet atau pembelanja.

2. Spesifikasi produk kurang detail. Beberapa kali saya lihat rok, beberapa produk tidak mencantumkan lingkar pinggang dan panjang rok. Memang sih, bisa kontak penjual langsung untuk hal ini. Tapi dengan memberikan keterangan yang detail akan memudahkan konsumen untuk memilih. Jadi hemat waktu juga kan, nggak pelru nanya-nanya.

Itu aja sih, saran dari saya. So far, Shopious oke kok. Semoga kategorinya makin nambah. Makin bermanfaat produk yang dijual. Makin laris dan makin banyak toko online yang bergabung di bawah naungan Shopious. Aamiin. 

Oya, bagi yang mau ingin barang gratisan dari Shopious, yuk ikutan lomba blog berikut. Semoga beruntung yaa. Bravo, Shopious!

Info lomba blog di Shopious.







No comments:

Post a Comment

Resensi Novel Pergi: Menetapkan Tujuan Hidup Ketika Berada di Persimpangan

"Sebuah kisah tentang menemukan tujuan, kemana hendak pergi, melalui kenangan masa lalu, pertarungan hidup-mati, untuk memutuskan ...