Tuesday, 13 January 2015

BEHIND THE STORY BUKU "RAKSASA BERKETOMBE DAN KISAH-KISAH UNIK LAINNYA"



Judul    : RAKSASA BERKETOMBE DAN KISAH-KISAH UNIK LAINNYA
Penerbit : BHUANA ILMU POPULER (KELOMPOK GRAMEDIA)
Ilustrator:DUNKI SABRI
Harga    : Rp. 70.000,- (pulau Jawa dan sekitarnya) 
Halaman  : 123 halaman

Sinopsis:
Bagaimanakah nasib ayam-ayam Pak Broiler setelah mendengar suara sumbang Nyonya Falsetta?
Apa yang dilakukan Hadro saat bertemu dengan penumpang yang selalu meniru dirinya?
Seperti apa kepanikan Per ketika dia mencoba sepatu bersayap milik Hangaro?


Horeee, Alhamdulillah, buku baru :D. Buku ini, prosesnya lama. Dari tahun 2012. Fuih, nyaris 3 tahunan yaaa. Kok lama? Nggak apa-apa. Takdirnya lama. Lama juga bukan masalah besar ya nggak sih :)

Waktu mengajukan naskah buku ini, aku disuruh sama Mbak Dian Kristiani. Pas nulis pertama kali, naskah di atas maksudku, agak grogi. Aku, bukan tipe pembaca yang suka membaca pesan moral terang-terangan dalam cerita anak. Aku suka buku anak yang uaneeeh, konyol, nggak masuk akal, dan imajinatif. 

Akhirnya aku pun ngetik ngawur. Ta kirim ke Mbak Dian. Beliau ngakak baca ceritaku. Suka katanya. Dan menurut beliau, ada pesan moralnya meskipun tersamar. Hokeeeh. Lantas kukirim saja naskahku pada BIP. Awalnya dua sampel. Lalu menunggu selama dua minggu. Dan... Tadaaa, diacc. Alhamdulillah.

Berikutnya sama editor aku diminta nulis 15 dongeng, per judul sebanyak 8 halaman. Begitu beres naskahnya, aku diminta nyari ilustrator. Ini yang bikin puyeng. Aku nggak kenal banyak ilustrator. Akhirnya minta tolong sama Mbak Evelyn Gozali di Kelir. Alhamdulillah, kenalan sama Mbak Dunki Sabri. Baik aku maupun pihak BIP suka sama ilustrasi beliau. Singkat cerita buku ini pun di proses.

Nah. Sebenarnya isi buku ini gimana?  Mari ta tunjukkan daftar isinya. 
DAFTAR ISI



Isi cerita di buku ini lucu. Baik ta runut beberapa saja yaa...

1. RAMBUT SETINGGI SATU METER
Tokohnya bernama Sya Syak. Mungkin yang udah baca buku "41 FABEL PENUNTUN PERILAKU ANAK MUSLIM" agak dejavu.Bedanya kalo di sana fabel dan turban yang tinggi trus turbannya kena ulat bulu. Namun cerita di sini tetep beda. Maklum, aku suka ngeliat orang yang aneh-aneh. Daripada dirasani, dikomentari, mending jadi cerita. Biar yang baca banyak, biar jadi duit. Karena kalo komentar aja, lenyap ditelan udara ya. 

Back to topic. Ide cerita ini dari tren model rambut jambul khatulistiwa seorang artis. Kalo Jackalope itu, sebelumnya baca tentang informasi Jackalope. Kalo burung unta, setauku burung unta itu suka makan baterai, makan benda-benda apa saja yang kelihatan. Asal cukup ya. 
Setting di kota ini, aneh. Jadi angkutannya naik karpet terbang. Sya Syak begitu bangga sama rambutnya yang dianggap trendi. Pas naik karpet terbang mau menuju kebun binatang, di udara ada burung numpang bertelur. Begitu turun, telur-telurnya pecah. Alhasil, rambut Sya Syak yang pink, jadi mirip puding straberi saus markisa. Burung unta ngiler, yak, dicaploklah. Dan Sya Syak pun jadi... Hehehe. Baca aja ya. Biar royaltiku nambah *siul-siul





2. PAHLAWAN SUPER KAZING-KAZING

Idenya, waktu itu aku baca buku anak, namanya lucu banget. Lupa namanya apa. Sudah deh. Jadi ceritanya :P. Gitu aja? Nggak. Akunya lupa dulu prosesnya gimana.
Kalo nggak salah juga terinspirasi dari temen yang doyan makan pete. Kan Pahlawan Super Kazing-kazing ini melawan ninja salah satunya dengan menggunakan "Jurus Uap Pete". Dia mencolek selai pete terus menyemburkannya dengan berkata "hah" pada sang ninja. Tau akibatnya? Sang ninja pingsan. Jurus lainnya? Ada dong beberapa. Nggak kalah aneh hihi.




 
3. RAKSASA BERKETOMBE
Idenya: dari Mbak Dian juga waktu komen di statusku, nyebut tentang ketombe. Nggak tau mendadak kepikiran kalo ketombe kan kayak salju. Putih gitu. Jadi membayangkan, seandainya ada badai ketombe. Nah, badai ketombenya berasal dari raksasa yang mengenakan walkman. Rambutnya dikibas-kibas karena mendengarkan musik. Karena ketombean, ketombenya terbawa angin, jadi badai di kota Yotvata. Berikutnya gimana? Ayolah beliii :)





Ide-ide lain terinspirasi dari game Hangaro dan Supercow. Aku suka main game. Dulu pas awal-awal nulis, ngetiknya diawali ngegame. Sekarang sih, berburu sama waktu :). Udah nggak main game lagi.

Ada pula yang terinspirasi dari sahabatku. Dia tuh suaranya fals abis kalo nyanyi tapi pede. Nyanyi aja di mana-mana. Sampe ketawa dengernya. Jadi deh cerita.

Ada juga yang terinspirasi dari buku Narnia. Tentang tokoh yang pendengarannya terganggu kalo nggak salah.

Kok bisa nemu ide-ide seperti itu? Biasanya pertanyaannya begini :). Aku rasa semua bisa. Sangat bisa. Asal otaknya nggak penuh. Berdoa saja, minta dimudahkan mendapatkan ide. Banyak baca. Banyak nonton film. 

Gimana bagi waktunya?
Nah, kalo aku sih prinsipnya, nulis nggak harus berlembar-lembar tiap hari. Pokoknya nulis. Mau setengah jam, mau sejam, asal nulis. Jangan meremehkan waktu nulis yang sedikit lho. Kalo fokus, sejam tuh bisa 6-8 halaman. Sekitar 2000 kata. Asal ngetiknya gak keganggu notif socmed. Socmed-an sih ada waktunya sendiri. Baca juga nggak harus sebuku seminggu. Asal mau tidur aku baca. Waktu ada jeda aku baca.Bagiku, hidup harus balance. Baca iya, ngobrol ama manusia harus, nonton juga oke.

Mengenai buku, buku kan mahal?
Sama dengan pertanyaan, baju kan mahal? Hape mahal? Pulsa mahal? Kebeli kan?
Kalo emang mentok nggak bisa beli, please, ngeluhnya sama Tuhan saja. Minta. Aku,  kalo kepingin buku banyak, ya berdoa. Karena seandainya banyak uang pun, kalo diberikan ujian yang menyedot banyak uang, beli buku pun sayang. Duit ngepas kalo nggak ada kejadian yang butuh duit, walopun punya 70 ribu, kebeli buku.
Dan jangan lupa, yang positif pikirannya. Kalo aku ngeliat buku mahal, dan sayang mau beli, maka aku akan berkata dalam hati, "Suatu ketika aku akan beli tuh buku."
Buku itu senjata ampuhnya penulis :). Jangan ngeluh susah ide, susah nulis, kalo enggan berinvestasi sama buku :)

Tapi kan tiap orang punya prioritas?
Betul. Dan yang aku bicarakan di atas adalah orang yang hobi menulis dan ingin tulisannya semakin baik dari waktu ke waktu :). Kalo yang nggak hobi nulis sih, atau hobi nulis buat konsumsi diri sendiri sih terserah hehe.

Terakhir, pokoknya kalo baca buku ini, Insya Allah bakalan terhibur, tertawa ngikik-ngikik. Lucu lhooo. Nah, kenapa aku bikin buku lucu? Sebab menurut Roald Dahl, buku anak sebaiknya mengandung "lucu". Anak-anak suka humor. Memang bukan patokan sih. Cuma karena aku fansnya Roald Dahl, aku menuruti saran beliau.

Kalo ponakanku dulu ta tes dengan cerita "Hadro dan Manusia Peniru". Itu dia ngikik-ngikik di rumah sakit. Maklum pas kecil aku suka meniru-niru temenku. Jadi kalo dia makan, ta tiru. Maka temenku yang lugu tersebut bakal melirik dengan wajah penuh tanda tanya. Kalo dia garuk-garuk, ta tiru. Kalo dia nepuk pipi, ta tiru. Sebel kan ya, lama-lama hahahahaha. Doh, aku ini ya, nggak penting banget tingkahnya.

Untuk referensi, mmm, ya buku-buku anak yang ada di tobuk. Seperti biasa, ketika menulis cernak maka aku akan membaca buku anak banyak-banyak.

Oke, sudah, sekian dulu behind the storynya. Jangan lupa beli ya :). Aku yakin yang baca postingan ini dalam hatinya menggumamkan kata "ya" *kepedean biarin :P



8 comments:

oyakonohanashi said...

hehehe ... raksasa ketombenya lucu, pantas jadi judul :)

Rahmi Aziza said...

Judulnya unik2 banget mbaa

Widya Ross said...

Oyakonohanashi: Makasih dah mampir ke blog aku :D
Rahmi Aziza: Makasih dah mampir, Mbak :D

Lina Lina said...

lucuuuuu, jadi inget buku-buku Roald Dahl, yang memang ceritanya banyak yang aneh...

RF.Dhonna said...

Hoeee, selamat atas terbitnya Raksasa Berketombe. judule unik-unik ;)

Widya Ross said...

@Lina Lina: :) Makasih dah mampir kemari :)
@RF.Dhonna: Suwun, Mbak Dhonna ;)

Tanti Amelia said...

iih aku belom punya, hunting ah ke tokbuk

Widya Ross said...

Mbak Tanti: Ini udah nggak ada di tobuk, Mbak Tan. Adanya di tobuk onlen krn udah lama :D

Post a Comment

REVIEW LIPSTIK: POPPY DHARSONO LIQUEFIED MATTE LIP COLOR

Zaman sekarang yang namanya lipstik banyak sekali macamnya. Cuma saat ini yang lagi ngehits adalah lipstik matte yang kesat dan tahan berja...