Tuesday, 28 October 2014

ISI BUKU "DONGENG MISTERIUS DARI LIMA BENUA 1 DAN 2"

Sebelumnya aku minta maaf, karena belum melanjutkan "behind the scene yang part 3". Isi bukunya dulu aja yaaa.

a. DONGENG MISTERIUS DARI LIMA BENUA 1

Penerbit     : Penerbit Kiddo (Imprint KPG)
Penulis      : Widya Ross
Ilustrator   : Mira Widhayati, Amna Oriana
Harga        : Rp. 58.000

Bisa pesan di aku, tapi nambah ongkir. Email aja: widyaros@gmail.com


SINOPSIS:


Nona Medusa sedih. Rambut ularnya susah diatur! Padahal dia, kan, ingin tampil cantik di pesta pelantikan sahabatnya. Apa yang harus ia lakukan?

Frankenstein juga bersedih. Ia hanya bisa keluar rumah pada malam hari. Karena kata Dr. Victor penduduk desa membencinya. Kalau ia keluar siang-siang, mereka akan mengusirnya! Hmmm... benarkah itu?

Sementara itu, di desa zombie di Afrika, ada anak kecil tersesat! Zombie-zombie itu berjalan ke luar rumah mereka. Tangan mereka terulur mendekati anak itu! Oh, tidak! Bagaimana nasib anak itu?

Apakah menurutmu koala itu lucu? Hmm... di Australia ada makhluk mitos berupa monster koala raksasa! Koala itu akan melompat diam-diam dari atas pohon dan membahayakan manusia yang lewat di bawahnya. Aduh!

Di setiap benua di dunia ini pasti ada makhluk-makhluk misterius atau tempat-tempat mistis yang menjadi omongan orang. Buku dongeng ini mengajakmu bertualang mendengarkan cerita-cerita tentang mereka. Sst... biarpun misterius, dongeng-dongeng di sini lucu-lucu dan mengandung pesan indah yang disampaikan penulisnya untuk kamu. Selamat membaca!



Ini dia daftar isinya.



Di buku tersebut adalah "GIGI HIU YANG MENJADI ES SERUT".

GIGI HIU YANG JADI MESIN ES SERUT

Idenya dari mana? Ini ide udah luamaaaaa banget. Dulu pas awal-awal nulis aku suka nyatet ide. Berikutnya aku malas mencatat. Alhamdulillah inget sendiri.

Bermula dari baca buku Roald Dahl yang berjudul "THE ENORMOUS CROCODILE". Kan covernya gambar buaya bergigi runcing-runcing tuh. 

Berhubung otakku ini suka hal-hal aneh, aku ngebayangin gigi-gigi buaya itu adalah mesin es serut. Tapi emang sejak awal menulis, aku emang ingin menyuguhkan hal yang beda. Aku ingin mengulik yang belum diulik. Aku ingin menceritakan yang belum diceritakan. 


Nah kisah "GIGI HIU YANG JADI MESIN ES SERUT" ini bermula dari ikan kecil yang ketemu seekor hiu. Hiu ingin memakan ikan tersebut. Eh, si ikan kecil malah minta tolong. Hiu diminta buka mulut, sebab sebelum dimakan, ikan kecil ingin makan es serut. Jadilah Ikan Kecil menyerut es di gigi Hiu. Lalu Ikan Kecil menyendoki trus dikasih sirup. Keduanya makan es sirup. Ikan Hiu batal memangsa ikan kecil karena ketagihan makan es sirup. Nanti-nanti si hiu berharap bisa makan es sirup buatan ikan kecil lagi. Gituuuu.

Berikutnya adalah ilustrasi-ilustrasi (beberapa) di dalam buku Dongeng Misterius Dari Lima Benua 1.
PESTA HALLOWEEN
GUA ORANG BATI YANG BERANTAKAN




Nah, kalau tokoh "ORANG BATI" ini adalah monster khas Indonesia. Di sini sih ceritanya nggak gimana-gimana. Intinya ceritanya tentang pentingnya hidup rapi. Kalau perihal kerapian kan udah sering disinggung ya. Nah, ini yang harus rapi adalah monster. Hehehe. Gara-gara nggak rapi, dia gagal mau memangsa anak kecil. 

KISAH BOOGEYMAN HIJAU YANG BAU

Kalau "Kisah Boogeyman Hijau yang Bau" ini, aku suka waktu menuliskan openingnya. 


b. DONGENG MISTERIUS DARI LIMA BENUA 2

Penerbit     : Penerbit Kiddo (Imprint KPG)
Penulis      : Widya Ross
Ilustrator   : Mira Widhayati, Amna Oriana
Harga        : Rp. 58.000

Bisa pesan di aku, tapi nambah ongkir. Email aja: widyaros@gmail.com


SINOPSIS:


   Emma terbangun. Oh, tidak! Ada sosok hantu seram di hadapannya. Hantu itu ingin menakut-nakutinya karena malam itu adalah Malam Menakut-nakuti Sedunia bagi bangsa hantu! Takutkah Emma?

    Yang jelas, ada seorang pencuri di sebuah rumah kosong yang sedang ketakutan. Ia melihat boneka anak perempuan yang berjalan sendiri! Hiiii...!

    Sementara itu si Kuda dan Sapi sedang iseng-iseng main Bloody Mary. Mereka menyebut nama Bloody Mary di depan cermin. Menurut mitos, hantu wanita bernama Mary akan muncul! Betul saja... suatu sosok mulai tampak di cermin! Apakah itu betul-betul hantu Mary?

Dan, pernahkah kamu mendengar tentang Rokurokubi? Hantu khas Jepang itu bisa menjulurkan lehernya sampai panjaaaaaaaaaaaaaaang sekali! Dan... ya... Malam itu ia bermaksud menakut-nakuti pemuda yang sedang lewat di hutan. Tetapi eiits... Pemuda itu ternyata amat cerdik.

 Di setiap benua di dunia ini pasti ada makhluk-makhluk misterius atau tempat-tempat mistis yang menjadi omongan orang. Buku dongeng ini mengajakmu bertualang mendengarkan cerita-cerita tentang mereka. Sst... biarpun misterius, dongeng-dongeng di sini lucu-lucu dan mengandung pesan indah yang disampaikan penulisnya untuk kamu.  Selamat membaca!


Ini dia daftar isinya:



Nah, di buku ini aku suka yang:SPHINX, KUCING PENJAGA PIRAMIDA TIKUS. 
Yang mau dibahas kan makhluk mitologi Sphinx. Waktu itu aku merasa tugas Sphinx sih gitu-gitu aja. Ngasih teka-teki aja kerjanya. Kalau gagal menjawab, dimakan.
Akhirnya kepikiran, gimana kalau Sphinx-nya adalah manusia berbadan kucing? Sphinx yang beneran kan manusia berkepala singa. Singa kan sodaraan sama kucing hehe.
Musuh kucing apalagi kalau bukan tikus (efek Tom and Jerry). Sudah deh.

Kisah ini bermula ketika Edward Tikus yang dari Amerika menumpang pesawat angkut untuk pergi ke Mesir. Edward mau meneliti tentang Piramida Tikus sebab dia akan mengikuti LOMBA KARYA TULIS TIKUS SEDUNIA.
Bertemulah Edward dengan Sphinx Kucing. Dikasih teka-teki. Di detik-detik inilah, aku memasukkan unsur ketegangan. Tapi akhirnya si Edward selamat dong. Dia berhasil memasuki Piramida Tikus. Hore!

Ini ilustrasinya:

SPHINX, KUCING PENJAGA PIRAMIDA TIKUS


 
TOM, SI HANTU PALING SERAM

 
HANTU BABI MARY

Kalau "HANTU BABI MARY" ini lucu. Aku suka banget waktu menuliskannya. Ceritanya simple, sederhana. Bedanya di cara bertutur. Ada kalimat semisal: "Hidung Sapi mekar seperti gua saking antusiasnya." Rada lebay gitu kalimatnya.
Ya, karena ceritanya sederhana, aku inginnya penyajiannya beda. Aku suka sama kisah ini. 

BONEKA HANTU

"Boneka Hantu" ini juga lucu. Pencurinya sok berani tapi sebenarnya ketakutan. Ceritanya sederhana sih. Karena sederhana, ngemasnya aku buat beda. Bedanya apa? Mmm, apa ya hehe. Baca deh. Kata yang baca sih, seru.

ADA ALIEN DI PESTA ULANG TAHUN GREG

Yak begitulah sekilas isi buku "DONGENG MISTERIUS DARI LIMA BENUA 1 DAN 2". Oya, buku ini juga disertai fakta unik juga. Fakta uniknya juga dihias oleh ilustrasi yang unik juga. Tiap poin dikasih kotak-kotak seperti di bawah:



Okeee. Sekian dulu bloggingnya. Aku nggak mencantumkan ilustrasi per judul, karena banyaaak. Beli aja ya. Nggak rugi kok :)

P.S: Yang ingin tahu proses pengerjaan naskah ini, silahkan klik di:

- http://widyaross.blogspot.com/2014/10/behind-scene-buku-anak-dongeng.html


- http://widyaross.blogspot.com/2014/10/behind-scene-buku-anak-dongeng_19.html

Tengkyuuu :)

1 comment:

Stefanny Natalia said...

ya ampunnnn ternyata ada blognya mbak Widya Ross!!
aku suka banget mbak sama karya dongeng 5 benua ini dan udah koleksi dua2nya hehehhe
sampe ortuku heran kok masih suka buku anak2 udah segede ini hahhahah
tapi sumpah buku yg ini keren banget apalagi suka juga sama illustrasi bukunya yang ciamik!
Seri misterius 5 benua ini apa ada rencana edisi ke 3 nya kak?
thanks and salam kenal ^^/

Post a Comment

REVIEW LIPSTIK: POPPY DHARSONO LIQUEFIED MATTE LIP COLOR

Zaman sekarang yang namanya lipstik banyak sekali macamnya. Cuma saat ini yang lagi ngehits adalah lipstik matte yang kesat dan tahan berja...