Thursday, 8 May 2014

BEST BROWNIES HUENAAAK!

Minggu lalu aku janji mau share resep brownies yang suimple puoll tapi rasanya soooo rich! Sik ta carikan dulu resepnya :P. Sebenernya resep bisa diliat di web allrecipes.com. Ada resep judulnya "best brownies". Ahahaha tapi aku tau, aku tau. Malas ngubek-ngubek toh? :P

Cerita dulu tentang Brownies. Perlu diluruskan aku rasa tentang sosok Brownies ini. Selama ini banyak yang salah kaprah. Cake coklat biasa disebutnya Brownies. Brownies sebenernya adalah cake yang gagal. Konon si kokinya lupa memasukkan baking powder. Jadinya bantat. Ngg, tapi di resep nanti ini mengandung baking powder :P.

Naaah, tau kan sekarang, bedanya cake dan brownies? Brownies itu nggak fluffy, nggak kayak cake yang lembut dan ngembang. 

Yang aku sukai dari Brownies adalah, bikinnya simple. Waktu itu kan aku bikin di dapur rumah Kakak. Mbak iparku bilang, "Lho, kamu bikin kue, kok nggak kotor?" Ahahaha. Bayangkan betapa simplenya.

Di resep ini, aku pakek butter campur margarin rasa butter, dari Blue Band. Lha butter di kulkas tinggal setengah. Cukup sih kalo buat seresep. Tapi masa bapakku nggak dikasih? 

Memang kalo bikin kue atau numis, aku suka pake butter. Bukan sok. Katanya lebih sehat ketimbang margarin :D. Rasanya juga lebih ughlalala. Kalo numis ragoutnya risol pakek butter, rasanya kayak makan di kafe berbau-bau kumpeni gitu. Terasa Eropaaa sekali.

Baiklah, ini dia resep BEST BROWNIES-nya.Klik aja di biru-biru itu. Pasti nggak puas wkwkwk. Ta jabarin. Btw, aku nggak pakek frosting. Udah enak tanpa topping. Resep frosting dicek sendiri di linknya yaaaa.





Bahan:

- 1/2 cup butter (lelehkan dengan api kecil, dinginkan).
- 1 cup gula pasir (ta kurangi 1/2 cup)
- 2 butir telur
- 1 sdt vanili 
- 1/3 cup coklat bubuk (aku pakek yang di swalayan dusnya coklat. Aduh, apa sih itu merknya, lupa.)
- 1/2 cup tepung terigu
- 1/4 sdt baking powder
- 1/4 sdt garam

Cara membuat


- Panaskan oven 175 derajat C. Olesi cetakan dengan margarin lalu taburi dengan terigu.
- Aduk rata gula, telur, dan vanili bubuk.Tambahkah coklat bubuk, tepung, garam, dan baking powder. Ngaduknya asal nyampur aja. Aku pakek spatula plastik. Tuang ke dalam cetakan.
-  Oven selama 25-30 menit. Nah, karena aku bikinnya 2 resep, anehnya 30 menit tuh belum matang. Ta tambahin lagi 15 menit. Jadi deh.


Sudah gitu aja. Harusnya pakek kenari atau almond ya. Tapi adanya itu ya wes lah. Enak kok. Moist, ngeprul, bantat bantat gimanaaa gitu. Dan nyoklaat abis. Seandainya aku pakek full butter, pakek yang merk Weisjman itu, niscaya bakal ketap ketip saking lezatnya.

Bapakku doyan. Aku? Jangan ditanya. Doyan banget. Lha rasanya kayak kue di tempat-tempat elit. Brownies kukus ala Bandung itu? Enak bikinanku. Ahahaha. Coba ditambah kopi latte. Aaah. Slurp pastinya. 

Met bikin yaaaa :D


No comments:

Post a Comment

REVIEW LIPSTIK: POPPY DHARSONO LIQUEFIED MATTE LIP COLOR

Zaman sekarang yang namanya lipstik banyak sekali macamnya. Cuma saat ini yang lagi ngehits adalah lipstik matte yang kesat dan tahan berja...