Tuesday, 11 February 2014

AKHIRNYA 50 DONGENGKU SELESAAAAAIIIII!

Hari ini bahagia lagi. Hihi. Sebab... 50 dongeng sudah kuselesaikan. Tadiiiii sudah aku email ke editornya. Lega lega lega.

Aku ngerjainnya berapa lama ya? sebulanan kurang kayaknya. Sebenarnya 2-3 minggu sudah beres. Cuma ada beberapa yang perlu dibongkar pasang :). Menyesuaikan dengan tema bukunya.

Aku nggak tau, 50 dongeng dalam waktu sebulan kurang itu termasuk cepet apa lelet. Dulu aku pesimiiiis. Bisa nggak nulis buku anak seperti ini. Soalnya dari beberapa buku yang sudah ada, aku nggak yakin bisa.

Aku kalo nulis cernak suka yang aneh-aneh. Nulis konflik lurus-lurus itu malah jelek jadinya. 

Ide ceritanya dari mana aja? 
Macem-macem. Dari Harry Potter. Nah kok bisa? Hehehe. Bisa aja buktinya :P. Dari dongeng klasik Cinderella. Dari kehidupan sehari-hari yang dominan.

Kalo kata editornya sih, kayak dongeng buku impor. BUKAN KATAKU, catet! Dan aku, nggak bermaksud menulis seperti itu. Udah bawaan tangan. Karena kalo nulis cerita, aku dikelilingi oleh aneka buku anak.

Dan gara-gara nulis buku ini, beberapa orderan dari penerbit aku tolak. Aku cuma ingin fokus. Aku harus total kalo mengerjakan sesuatu. Biarin bukuku cuma seuprit. Aku cuma ingin melakukan sesuatu dengan sungguh-sungguh.  Apa yang aku tulis, harus bisa menghibur dan bermanfaat buat pembaca. Bermanfaat itu mudah. Tinggal kasih ceramah aja. Tapi menghibur? Bukan perkara gampang buatku.

Setelah fabel ini selesai, rencananya aku mau leha-leha dulu. Belajar. Tapi tetep nulis dong ya. Aku kepingin nulis novel yang tebel. Dan aku mempersiapkannya untuk itu. Jadi sementara, belajar sambil sesekali nulis ke media. 

Semoga bisa lebih berkualitas ya tulisanku. Dan semoga teteeeeep semangat! Semangat itu rezeki. Bayangkan hidup tanpa semangat. Ya nggak :)
 

No comments:

Post a Comment

Resensi Novel Pergi: Menetapkan Tujuan Hidup Ketika Berada di Persimpangan

"Sebuah kisah tentang menemukan tujuan, kemana hendak pergi, melalui kenangan masa lalu, pertarungan hidup-mati, untuk memutuskan ...