Sunday, 2 December 2012

Dietku Berhasil!!

Waw! Udah lama nggak ngutak-ngatik blog nih. Dulu sih rencanaku tiap hari nge-blog. Eh, males. Trus planning aku ubah tiap weekend. Eh, kalo weekend ngeluyur :P. Sekarang deh aku sempatin.

Aku mau sharing tentang berat badanku yang menyusut 6 kg. Soalnya rada prihatin liat orang-orang diet yoyo. Kayak menyengsarakan diri sendiri. Kalopun berhasil kurus, yang ada malah loyo dan rentan sakit.


Jujur nih, sejak mulai bekerja, pelan tapi pasti BBku naik. Total: 14 kg. Dulunya 42 trus jadi 56. Aneh menurutku. Soalnya pas kuliah, mau makan sebanyak apapun, beratku paling naiknya cuma sampek ke 45. Tapi nggak bisa dipungkiri sih. Lepas kuliah, aku jadi Ratu Ngemil. Haha.

Aku udah nyoba diet. Mulai dari aerobik rutin, makan kentang, oatmeal, nggak makan malam, sarapan buah, dan masiiiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhh banyak lagi. Hasilnya: bosan, maag kumat, dan aku susah konsen karena kelaperan. Fiuhhh! Akhirnya aku cuek. Biarlah gemuk, asal sehat. Asal aku nikmati. Ini alasanku demi mengelabui rasa putus asa :P.


Suatu ketika, aku lagi galau. Penyebabnya nge-hang komunikasi. Sama siapa? Itu nggak perlu dibahas. Duniaku bukan cuma di internet, kehidupanku ada privacy-nya, jadi hal-hal pribadi memang sengaja TIDAK aku share. Cieeeehhh gaya ya. Emang :P.

Back to topic. galau-galau begitu, apalagi obatnya kalo nggak jalan-jalan & beli-beli (aku menghindari kata shopping karena terkesan gimana ya? kayak Becky-nya Shopie Kinsella hihi). Galauku belum tamat juga meskipun sudah dapat sesuatu dan makan enak. ya sudah, pelarianku adalah, Twitter-an. Dan keajaiban pun terjadi. Aku menemukan tweet2 Ade Rai.

Di situ beliau menyemangati tentang pentingnya menjaga kesehatan. Kesehatan bukan sekadar kurus & langsing. Kesehatan itu, ya.. Berusaha menerapkan pola hidup sehat. Makin lama aku makin tertarik. Dan sejak Juli lalu, mulailah aku menerapkan pola hidup sehat. Kan waktu itu Ramadhan ya. Jadi aku nggak diet ngurangin makan. Justru, makananku nambah. jangan salah, 1/4 kg dada ayam, bisa kusantap sekali makan. Setengah kilo telur, bisa tamat dalam sehari. Plus kacang sangrai. Plus susu atau yoghurt. Pas puasa itu, makanku kalo malam 2x plus sahur. 3x totalnya. Buka, abis tarawih, sahur. Dan itu pun, porsinya gila-gilaan :D. Tapi kok bisa turun?


Saranku sekali lagi, ketika mau melakukan sesuatu, carilah info sebanyak-banyaknya. Jangan cuma puas dengan satu informasi. Segala sesuatu ada ilmunya kan? Aku mempelajari artikel perkara diet tuh kayak belajar nulis. Bahkan sampai sekarang. Risikonya kesehatan bo'. Aku harus tahu. Twitter Ade Rai bisa dicek di @CerdasFitness. Gak punya Twitter? Oke. Googling, ketik @CerdasFitness. Dan tahulah kita.

Bisa juga dengan nge-like WRP dan page Denny Santoso di Facebook.



Habis Ramadhan, karena lebaran, ya... nggak diet lagi. Aku kesulitan karena makanan di rumah berlimpah. Di kampung kan suka ada selamatan ya. Hampir saban hari. Ya udah, aku nggak diet. Tapi aku tetep olahraga. BBku pun nggak nurun lagi. Paca lebaran, aku kembali ke pola makan sehat. Tapi suka nakal. kadang ngemil keripik, coklat, es krim, makan yang aneh-aneh (hihi, aku nih suka nyoba makanan yang nggak umum), dll. Beratku turun, tapi perlahan. 4 kiloan lah.


Trus, aku nemu artikel lagi. Tentang es krim, keripik, tempe goreng (kesukaanku), kerupuk, dll. Dan aku dibuat shock, karena, yah... Kalorinya lumayan.


Jadi.. Semenjak minggu lalu, aku udah say no to gorengan. Beneran pokoknya. Karena apa. Sejak 2 minggu terakhir, olahragaku berat. Sebelumnya, kardioku yang biasanya aerobik 30 menit, aku ganti Circuit Training. Wow! Ituuuuu, bikin keringat menderas kayak sungai Brantas *lebay*. Trus angkat bebannya Aku tambahin. Biasanya 30 menit, jadi 1 jam. Angkat beban WAJIB ya, kalo mau fat loss. Nggak peduli mau usia 70 thn. Angkat beban itu bisa: sit up, push up, naik turun tangga, dll silahkan dipelajari sendiri via Google. Sayang banget kalo kena gorengan.

Jadi jadwalku tuh:

Senin: Melakukan CT pas sore atau abis maghrib
Selasa: Angkat beban pakek dumbell. caranya donlot di youtube, ada sebajek :P
Rabu: CT lagi.
Kamis: Beban
Jumat: CT lagi

Sabtu-minggu: Libur. Biasanya aku "nakal" makan berkalori tinggi di salah satu hari weekend itu.

 Minggu berikutnya, CT aku ganti Zumba sekitar sejam.

Kalo menu, aku usahakan masak sendiri. Yang simple-simple lah. Misal:


Pagi: sarapan omelet pakek 3 putih telur, dimasak di wajan teflon, yang udah diolesi minyak Canola duikiiiiiiiiiitt banget + wortel kukus setengah piring + ubi kukus takerannya setengah genggam. Oya, makannya urut ya. Sayur >> lauk >> karbo.



Jam 10-11: ngemil kacang tanah sangrai  + susu low fat/yoghurt/ kalo bawa, tahu kukus, apapun asal high protein.


Siang: Dada ayam + sayur kukus + ubi

Jam 3an: ngemil lagi. Kalo aku, seringnya kacang sangrai. Kalo masih laper, minum susu low fat. Kan ad ayg kotak. Perhatikan kadar gula label nutrition fact. Soalnya, kadnag yang low fat-low fat gitu, biasanya gulanya lumayan tinggi.

Oya, kalo lauk takarannya setelapak tangan, karbonya (buat fat loss) setengah kepal ajah. Sayurnya banyakin. Kata Ade Rai sih gitu. Awalnya aku meringis. Mana bisa kenyang. Tapi kalo lauknya banyak, sayurnya banyak, kenyang beneran emang.

Malem juga sama. Menunya nggak jauh beda. Kadang sayurnya aku tumis. Aku menghindari banyak-banyak buah, karena buah mengandung gula ya. kalo kebanyakan, kata Ade Rai, kurang maksimal buat fat loss. Gula buah kalo nggak kepakek kan jadinya lemak juga. Kalo udah ideal, banyak-banyak buah, oke-oke aja. Aku makan buah 1-2 potong aja sehari.



Emang ribet. Aku ngeset alarm jam 3 pagi biar bisa masak. Tapi ada hasilnya emang. Dan yang terpenting dalam diet adalah: hindari gorengan, bakar-bakaran, dan gula dalam takaran tinggi. Siasati dengan tumis dgn sedikit minyak, kukus, panggang. Dan jangan lupa ngemil. Itu hukumnya: WAJIB. Biar metabolisme jadi cepet.


Sekarang aku dah turun 6 kg. Minggu lalu 51, sekarang udah 50. Udah keluar dari range "gemuk" sih. Tapi aku kepingin sampe 45.



Kalo aku kepingin gorengan, ngebet banget, aku inget, betapa beratnya aku berolahraga. Niatku buat memangkas lemak. Kok malah mau tak tambahin dengan gorengan? Ya sudah, keinginan itu, lenyap.


Nah, semoga sharing ini bermanfaat :). Stay slim, stay healthy >>> Cieeeehhh :P





1 comment:

Agnes Maria said...

Thx utk infonya..mampir jg yuk ke http://elementmtb.com/alasan-mengapa-gowes-lebih-baik-daripada-diet/

Post a Comment

Resensi Novel Pergi: Menetapkan Tujuan Hidup Ketika Berada di Persimpangan

"Sebuah kisah tentang menemukan tujuan, kemana hendak pergi, melalui kenangan masa lalu, pertarungan hidup-mati, untuk memutuskan ...